Apa Itu Copywriting Dan Manfaatnya

Copywriting, landing page, dan sumber kunjungan (Traffic generator). Ini adalah 3 elemen penting yang harus Anda miliki dan kuasai agar sukses di bisnis online.

Copywriting merupakan cara Anda dalam membuat penawaran untuk calon pembeli. Sedangkan landing page adalah wadah untuk menuliskan copywriting.

Terakhir, sumber kunjungan adalah opsi yang bisa Anda pilih untuk mendatangkan pengunjung.

Anda bisa menggunakan iklan google, facebook, email, dan lain sebagainya untuk mendatangkan banyak pengunjung.

Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan masing – masing.

Baik itu copywriting, landing page, dan sumber kunjungan, semuanya harus saling melengkapi satu sama lain.

Kalau ada satu saja yang kurang, maka efeknya terhadap bisnis Anda tidak akan optimal.

Sekarang kita kesampingkan dulu landing page dan traffic generator. Karena fokus tulisan kali ini adalah tentang apa itu copywriting dan manfaatnya untuk bisnis online.

Apa Itu Copywriting

Copywriting adalah teknik menulis khusus yang isinya tentang “menjual” suatu produk, dan bertujuan meyakinkan calon pembeli (Leads) untuk segera melakukan action.

Maksud dari menulis khusus di sini adalah menulis dengan terlebih dahulu mengetahui seluk beluk produk yang bersangkutan, serta memahami sudut pandang pembeli.

Setelah itu barulah menerapkan ads copy yang tepat.

Sedangkan action di sini merupakan tindakan yang diinginkan supaya dikerjakan oleh calon pembeli.

Beberapa contoh action yang diharapkan dari calon pembeli adalah memberikan nomor telepon atau whatsApp, email aktif, bergabung di grup dan channel tertentu, hingga melakukan pembelian.

Tidak semua orang bisa menguasai teknik copywriting dengan baik dan benar.

Tapi bukan berarti kalau teknik ini tidak bisa dipelajari. Selama Anda mau dan tekun belajar, InsyaAllah bisa menerapkannya.

Dari hasil pengamatan dan praktek Saya selama ini, ada beberapa komponen penting pendukung copywriting yang sebaiknya diperhatikan.

5 Komponen Penting Pendukung Copywriting

Komponen Penting Copywriting

1) Product Knowledge

Kalau Anda ingin menulis penawaran tentang produk A, maka Anda harus mengetahui seluk beluk produk tersebut hingga mendetail.

Mulai dari kelebihan, kekurangan, cara penggunaan, cara membeli, garansi, syarat dan ketentuan, serta hal – hal terkait lainnya.

2) Customers Point of view

Salah satu alasan mengapa copywriting bisa membantu meningkatkan penjualan adalah karena menggunakan customers point of view, atau sudut pandang calon pembeli.

Copywriter yang handal biasanya akan melakukan riset terkait hal – hal apa saja yang dibutuhkan dan diinginkan oleh calon pembeli.

Termasuk mempelajari kebiasaan dan tempat mereka biasa berkumpul. Tujuannya untuk memperbesar potensi terjadinya penjualan.

3) Ads Copy

Ads copy merupakan teks, gambar, infografis, audio, video, dan hal – hal yang dibutuhkan untuk menulis suatu penawaran.

Semuanya harus dikombinasikan dengan baik. Misalnya teks. Anda harus bisa menentukan kombinasi yang tepat antara font di bagian judul, sub judul, dan body.

Begitu juga dengan gambar, infografis, audio, dan video.

4) Landing Page

Landing page bisa digolongkan ke dalam website. Bedanya, kalau website memiliki banyak halaman, landing page hanya memiliki sedikit halaman saja.

Landing page adalah tempat yang pertama kali didatangi oleh para pengunjung. Ini adalah salah satu wadah yang bisa Anda gunakan untuk menuliskan copywriting.

Kalau Anda ingin tahu lebih banyak tentang landing page, silahkan baca artikel Folder SEO yang berjudul apa itu landing page dan manfaatnya untuk bisnis.

5) Traffic Generator

Setelah selesai membuat landing page dan copywriting, Anda pastinya ingin agar orang – orang melihat penawaran Anda.

Di sinilah peran penting dari traffic generator atau sumber kunjungan.

Beberapa sumber kunjungan yang bisa Anda gunakan adalah iklan berbayar seperti google ads, facebook ads, atau email marketing.

Kalau mau lebih sabar, Anda juga bisa menggunakan cara organik seperti SEO.

Tapi umumnya, sumber kunjungan yang tepat untuk landing page adalah dengan menggunakan iklan berbayar.

Manfaat Copywriting Untuk Bisnis Online

Manfaat Copywriting

Di bisnis konvensional (Offline), ada peran salesman yang mampu menjelaskan dengan baik tentang suatu produk kepada para calon pembeli.

Dengan bantuan salesman, calon pembeli bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan suatu produk, sehingga berpotensi melakukan pembelian.

Para salesman handal inilah yang menjadi ujung tombak perusahaan dalam hal menghasilkan penjualan.

Hal yang sama juga berlaku di bisnis online. Bedanya, peran salesman digantikan oleh copywriting.

Copywriting yang baik bisa meyakinkan calon pembeli untuk segera melakukan action. Hal ini tentunya memberikan dampak signifikan terhadap bisnis Anda.

Kesimpulan

Copywriting Dan Copywriter

Ada satu situs freelancer ternama di California. Namanya upwork. Mereka memiliki kebijakan yang sangat ketat terkait proses penerimaan freelancer.

Tidak semua freelancer bisa bergabung di sana. Semuanya harus mengikuti seleksi. Sehingga para freelancer yang terpilih benar – benar berkualitas.

Di upwork, tarif seorang copywriter termurah adalah 5 USD per jam. Hal ini memperlihatkan betapa dihargainya profesi seorang copywriter.

Mengapa?

Karena copywriting yang ditulis oleh seorang copywriter handal memang bisa memberikan dampak signifikan terhadap suatu bisnis.

P.S: Folder SEO menyediakan Jasa Pembuatan Landing Page eksklusif dan profesional (Include copywriting) bagi Anda yang membutuhkan.

Lebih lengkapnya silahkan klik gambar di bawah ini.

Banner Promo Jasa Pembuatan Landing Page