Apa Itu SEO Friendly? Bagaimana Cara Penerapannya?

Apa itu SEO friendly?

Kalau Anda baru kenal dengan SEO, pastinya akan sering mendengar istilah ini. Dan biasanya akan langsung bertanya, “Apa sih pengertian dari SEO friendly?”

Ya, istilah ini memang cukup sering terdengar di kalangan praktisi SEO.

Supaya tidak semakin bingung, yuk mari kita bahas satu per satu tentang pengertian, cara kerja secara umum, dan penerapannya bagi suatu website.

Apa Itu SEO Friendly

Cara kerja SEO Secara Umum

Pertama, kita mari artikan dulu secara bahasa.

Jika diterjemahkan secara bebas ke dalam bahasa Indonesia, kata friendly dapat diartikan sebagai ramah, atau bisa juga bersahabat.

Sedangkan SEO (Search Engine Optimization) merupakan teknik pemasaran online yang dilakukan oleh suatu website, dengan cara mengoptimalkan mesin pencari.

Kalau diringkas, SEO friendly dapat diartikan sebagai ramah SEO, atau teknik pemasaran online yang menggunakan pendekatan-pendekatan SEO, dan tentunya sesuai aturan mesin pencari.

Penerapan SEO Friendly Terhadap Suatu Website

Dalam prakteknya, penerapan SEO friendly bagi suatu website tidaklah mudah. Ada banyak variabel dan faktor penting yang harus diperhatikan di dalamnya.

Dari sekian banyaknya variabel dan faktor tersebut, ada 4 point yang menurut kami (Sebaiknya) di persiapkan di awal, yakni:

#1. Struktur Website

Struktur website ditujukan untuk robot mesin pencari. Supaya lebih mudah, kita ambil google sebagai contoh.

Sebagai mesin pencari terpopuler saat ini, google pastinya punya standard tersendiri dalam memprioritaskan website mana yang diletakkan di posisi teratas hasil pencariannya.

Dan menurut para pakar SEO, struktur website ini merupakan salah satu variabel yang digunakan oleh google untuk meranking suatu website.

#2. Kenyamanan Pengunjung (User Experience)

Maksudnya, website yang dibuat juga harus memperhatikan kenyamanan pengunjung.

Dari mulai desain/tempilan, kecepatan loading ketika diakses, hingga konten berkualitas yang dipublikasikan di suatu website.

Intinya, website yang baik (Versi google) adalah website yang dibuat untuk mesin pencari dan juga manusia.

Cara mudahnya, posisikan diri Anda sebagai pengunjung, dan lakukan penilaian suatu website dari sudut pandang pengunjung.

#3. Mempublikasikan Konten SEO Friendly Secara Rutin

Konten bisa berbentuk video, audio, dan artikel. Atau bisa juga merupakan kombinasi dari ketiganya.

Pemilik website sebaiknya fokus mempublikasikan konten secara rutin. Untuk kuantitasnya terserah, asalkan rentang waktu publikasi konten yang satu dan berikutnya tidak terlalu lama.

#4. Mempromosikan Konten Secara Optimal

Setelah mempublikasikan konten, langkah berikutnya adalah mempromosikan konten tersebut.

Caranya bisa di media sosial, forum, komunitas, atau berkomentar di website yang topiknya relevan.

Kesimpulan: Apa Itu SEO Friendly

SEO friendly merupakan istilah dalam SEO, yang bisa diartikan sebagai teknik promosi SEO yang ramah dan sesuai panduan mesin pencari. Atau bisa juga mengikuti rules dari mesin pencari (Google).

Tips SEO GRATIS

Dapatkan Tips SEO dan Bisnis Online GRATIS! Cukup Daftarkan Email Aktif Anda
By |2018-08-25T16:54:27+00:00August 10th, 2018|Categories: Belajar SEO|Tags: |
Share
Share4
+1
Tweet