Apa Itu SEO (Search Engine Optimization): Pengertian Dan Fondasi

Apa Itu SEO, Pengertian dan Fondasi

Kalau Anda merupakan business owner atau profesional yang ingin mendapatkan lebih banyak pembeli dari mesin pencari google (tanpa beriklan), maka Anda wajib mengetahui apa itu SEO.

Alasannya:

  • Berdasarkan data dari Hootsuite (social media marketing & management dashboard), per Januari 2021, pengguna internet di Indonesia berjumlah 202 juta.
  • Menurut Alexa (SEO analysis tools), per 20 September 2021, mesin pencari google adalah situs yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet di Indonesia.
  • Terakhir, dari hasil survey Backlinko (SEO expert), per Agustus 2019, mayoritas pengguna mesin pencari google lebih sering mengunjungi website yang muncul di halaman 1 hasil pencarian.

Dari sini bisa disimpulkan bahwa:

Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak kunjungan organik (tanpa beriklan) dari mesin pencari google Indonesia, Anda harus mengupayakan agar website Anda muncul di halaman 1 hasil pencarian.

Caranya:

Implementasikan strategi SEO (Search Engine Optimization) di website Anda.

Jadi, apa itu SEO?

Silahkan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu SEO (Search Engine Optimization)

Apa Itu SEO Lebih Detailnya

Apa yang dimaksud dengan SEO?

SEO merupakan akronim dari Search Engine Optimization.

Jika diterjemahkan secara bebas ke dalam bahasa Indonesia, kurang lebih artinya adalah optimasi mesin pencari.

Lebih detailnya lagi, SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu strategi pemasaran online yang bisa mengoptimalkan performa website Anda, agar muncul di halaman 1 mesin pencari google secara organik (tanpa beriklan).

Maksudnya:

Ketika pengguna mesin pencari google mengetikkan kata kunci tertentu di kotak pencarian, website Anda akan muncul di halaman 1 hasil pencarian jika Anda sudah menerapkan strategi SEO di website tersebut.

Dengan demikian, website Anda akan berpeluang besar mendapatkan kunjungan organik (tanpa beriklan) dari mesin pencari google Indonesia.

Keuntungan lainnya:

Anda akan mendapatkan pengunjung yang tertarget.

Pengunjung tertarget adalah orang – orang yang sedang membutuhkan informasi tertentu, kemudian mengetikkan kata kunci yang berkaitan dengan informasi tersebut di mesin pencari google Indonesia.

Setelah itu, mereka akan mengunjungi website yang berada di halaman 1 hasil pencarian, untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Sekarang coba bayangkan:

Ada orang – orang yang sedang membutuhkan suatu produk, dan mengetikkan kata kunci yang berkaitan dengan produk tersebut di mesin pencari google Indonesia.

Kemudian mereka akan mengunjungi website yang berada di halaman 1 hasil pencarian, untuk melihat informasi produk yang memang mereka butuhkan.

Kalau Anda memiliki produk tersebut, dan mengimplementasikan strategi SEO di website Anda dengan baik, maka website Anda akan muncul di halaman 1 mesin pencari google Indonesia.

Dengan kata lain, Anda berpeluang besar mendapatkan calon pembeli potensial yang memang membutuhkan produk Anda.

Fondasi SEO

 Fondasi SEO

Setelah Anda mengetahui apa itu SEO dan ingin mengimplementasikannya di website Anda, berikut ini merupakan 3 hal penting (fondasi SEO) yang harus Anda perhatikan:

1 – Website

Dalam konteks SEO dan bisnis online, website merupakan perwakilan bisnis Anda.

Di sinilah Anda bisa menampilkan semua produk, layanan, dan hal – hal penting lainnya kepada calon pembeli.

Kalau Anda ingin mengimplementasikan strategi SEO di bisnis Anda, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kesehatan website.

Anda harus memiliki website bisnis profesional dengan kriteria minimal sebagai berikut:

  • Bisa diakses dari berbagai perangkat (mobile friendly).
  • Memiliki kecepatan loading yang baik ketika dibuka.
  • Memiliki sertifikat SSL (Secure Sockets Layer).
  • Memiliki struktur dan navigasi yang baik.

2 – Content

Setelah memiliki website dengan kesehatan yang baik, saatnya mempublikasikan content SEO friendly di website Anda.

Content SEO friendly adalah content berkualitas yang dibutuhkan dan disukai oleh target market Anda, serta mesin pencari seperti google.

Langkah berikutnya, distribusikan content tersebut di berbagai channel. Paling mudah adalah di media sosial Anda sendiri.

Lakukan hal ini (mempublikasikan dan mendistribusikan content) secara rutin dan konsisten. Misalnya 3 content per Minggu setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat, selama 3 bulan.

3 – Backlink

Sampai di sini, Anda sudah memiliki website dengan puluhan content SEO friendly.

Langkah berikutnya adalah, mengupayakan agar content Anda tersebut mendapatkan rekomendasi berupa link (backlink), dari website lain yang topiknya relevan dengan bisnis Anda.

Closing Statement

Tantangan Menerapkan Strategi SEO

Berdasarkan hasil survey Backlinko per Januari 2020, ada 200 lebih faktor yang dijadikan mesin pencari google sebagai rujukan dalam melakukan pemeringkatan website.

Mulai dari alamat domain, halaman situs, backlink, interaksi pengguna, update algoritma google, on page dan off page factor, brand signal, dan masih banyak lagi.

Anda bisa membaca dan mempelajari penjelasan lengkapnya di artikel Backlinko yang berjudul google ranking factor.

Intinya:

Kalau Anda tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman yang mumpuni seputar SEO, akan sangat sulit untuk bisa mengimplementasikan strategi SEO di website Anda.

Solusinya, jika Anda tetap ingin mendapatkan benefit dari SEO, Anda bisa:

  1. Belajar SEO otodidak.
  2. Mengikuti Kursus SEO.
  3. Menggunakan Jasa SEO.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top