Apa Itu SEO (Search Engine Optimization) Dan Contoh Penerapannya

Apa Itu SEO Update Terbaru

Kalau Anda seorang pebisnis atau profesional yang ingin menggunakan digital marketing untuk bisnis maupun tempat bekerjanya, maka Anda “wajib” mengetahui apa itu SEO.

Alasannya?

SEO bisa membantu Anda mendapatkan banyak pembeli dari mesin pencari seperti google, yang berdasarkan kalkulasi alexa, menempati posisi 1 dari The top 500 sites on the web.

Dengan kata lain, mayoritas pengguna internet di dunia selalu mengunjungi google ketika ingin mencari berbagai informasi.

Selain itu, SEO juga bisa membantu meningkatkan kredibilitas, popularitas, dan brand awareness perusahaan atau kantor tempat Anda bekerja.

Dan yang tidak kalah pentingnya, kalau Anda menerapkan SEO di website Anda, cost – nya jauh lebih murah ketimbang Anda menggunakan iklan berbayar!

Lantas apa itu SEO? Dan bagaimana contoh penerapannya?

Penjelasan detailnya ada di bawah ini.

Apa Itu SEO

Apa yang dimaksud dengan SEO?

SEO merupakan akronim dari Search Engine Optimization.

Jika diterjemahkan secara bebas ke dalam bahasa Indonesia, kurang lebih artinya adalah optimisasi mesin pencari.

SEO adalah strategi pemasaran online jangka panjang, yang bertujuan untuk mengoptimalkan website di hasil pencarian mesin pencari.

SEO bisa membuat suatu website muncul di halaman 1 hasil pencarian mesin pencari, untuk setiap kata kunci yang diketikkan oleh para penggunanya.

Dengan demikian, website tersebut akan berpeluang besar mendapatkan banyak pengunjung, yang merupakan pengguna mesin pencari.

Lebih gurihnya lagi, pengunjung yang dihasilkan dari (Mesin pencari) SEO ini bukanlah pengunjung biasa. Melainkan pengunjung tertarget.

Apa itu pengunjung tertarget?

Mereka adalah orang – orang yang membutuhkan informasi tertentu, kemudian mengetikkan kata kunci yang berkaitan dengan informasi tersebut di kotak pencarian mesin pencari.

Setelah itu, mereka akan mengunjungi website yang berada di halaman 1 hasil pencarian mesin pencari, untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Dari sini bisa disimpulkan:

Kalau website Anda menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna mesin pencari, dan berhasil muncul di halaman 1 hasil pencarian, maka akan berpeluang besar mendapatkan banyak pengunjung tertarget.

Kenapa harus muncul di halaman 1 hasil pencarian mesin pencari?

Karena pada umumnya, mayoritas pengguna mesin pencari hanya akan mengunjungi website yang berada di halaman 1 hasil pencarian saja.

Nah, menariknya lagi, dari segi bisnis, para pengunjung yang berasal dari mesin pencari ini bisa Anda konversi menjadi leads database (Mereka yang memberikan kontaknya: email / phone), atau bahkan pembeli.

Contoh Penerapan SEO

Folder SEO memiliki layanan program Private SEO. Ini adalah program Belajar SEO tatap muka yang terdiri 1 – 2 peserta.

Untuk mendapatkan peserta, kami membuat landing page tentang program tersebut, kemudian menerapkan teknik SEO di landing page tersebut.

Hasilnya bisa dilihat seperti gambar di bawah:

Contoh Penerapan SEO

Ketika tulisan ini di – update, ada sekitar 194.000.000 situs yang juga membidik kata kunci Private SEO.

Alhamdulillah atas izin Allah azza wa jalla, Folder SEO berhasil muncul di peringkat 1 google untuk kata kunci tersebut.

Kurang lebih seperti itulah contoh dari penerapan SEO yang berhasil terhadap suatu website.

Kesimpulan

Pengertian SEO Adalah

Setelah Anda mengetahui tentang pengertian SEO di artikel ini, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan:

SEO memang mampu mendatangkan banyak pembeli dari mesin pencari google, dengan biaya yang jauh lebih murah ketimbang menggunakan iklan berbayar.

SEO juga bisa membantu meningkatkan kredibilitas, popularitas, dan brand awareness perusahaan atau kantor tempat Anda bekerja.

Tapi yang HARUS diingat, SEO merupakan strategi pemasaran online jangka panjang. Proses pengerjaannya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Bisa berbulan – bulan, bahkan bertahun – tahun. Tergantung seberapa ketat tingkat persaingan di industrinya.

SEO Tidak Memiliki Garis Finish

Kalau Anda sudah memilih SEO sebagai salah satu cara untuk mendatangkan banyak pengunjung website, maka Anda harus tetap melakukan OPTIMASI di website tersebut.

Karena bisa jadi saat ini website Anda memang berada di halaman 1 google untuk berbagai kata kunci yang dibidik.

Tapi di saat yang bersamaan, ada jutaan bahkan mungkin lebih website, yang juga sedang membidik kata kunci yang sama.

Kalau Anda sampai lengah dan merasa puas, seperti tidak lagi melakukan optimasi di website Anda, jangan heran jika dalam waktu beberapa bulan ke depan, posisi Anda akan diambil alih.

Semua website akan terus berlomba – lomba untuk memberikan konten yang relevan dan terpercaya, demi memperebutkan posisi di halaman 1 google.

Terakhir, Anda memang tidak bisa memastikan kalau website Anda akan selalu berada di halaman 1 google.

Tapi Anda bisa mengupayakan untuk terus mempublikasikan konten yang relevan dan berkualitas untuk target market Anda.

Karena konten tersebut berpeluang besar mendapatkan tanggapan positif dari mereka.

Seperti dibagikan ke media sosial, mendapatkan komentar positif, hingga direferensikan oleh website lain.

Dengan demikian, cepat atau lambat, google akan mengetahui bahwa website Anda benar – benar berkualitas dan dapat dipercaya.

Pada akhirnya, website Anda tidak hanya akan berpeluang besar muncul di halaman 1 hasil pencarian google.

Tapi juga mampu bertahan lebih lama di posisi tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top