Menulis Artikel SEO Friendly

Artikel SEO friendly merupakan salah satu senjata ampuh yang harus dimiliki jika Anda ingin mengerjakan project SEO untuk website bisnis Anda.

Bahkan untuk beberapa kasus tertentu, ada website yang berhasil muncul di halaman 1 google, dengan (Hanya) rutin mempublikasikan artikel yang ditulis secara SEO friendly.

Syarat dan ketentuannya, tingkat persaingan untuk kata kunci tersebut ada di level rendah – menengah.

  • Lantas apa itu artikel SEO friendly?
  • Apa manfaatnya untuk website?
  • Dan bagaimana tips menulisnya?

Well. Jangan khawatir. Karena artikel yang sedang Anda baca ini akan menjelaskan tentang semua poin di atas. Silahkan lanjutkan membaca.

Apa Itu Artikel SEO Friendly

Artikel SEO friendly adalah artikel yang ditulis dengan menggunakan pendekatan ala Search Engine Optimization, atau sering disingkat menjadi SEO.

Artikel ini ditulis dengan memperhatikan rules tertentu, supaya disukai oleh pembaca dan juga mesin pencari. Tujuannya agar artikel tersebut diprioritaskan muncul di halaman 1 hasil pencarian.

Di update algoritma google terkini, artikel SEO friendly yang baik tidak hanya ditujukan untuk mesin pencari saja, tapi juga harus mampu memuaskan para pengunjung / pembaca.

Ya. Mesin pencari paling populer saat ini (Google) sudah menggunakan faktor kepuasan pembaca (User Experience) untuk menentukan peringkat suatu website.

Hal ini sudah dibahas di google webmaster central blog.

Manfaat Artikel SEO Friendly Untuk Website

Manfaat Artikel SEO Friendly

Kalau bisnis Anda menggunakan SEO sebagai strategi marketingnya, berikut ini adalah beberapa manfaat mempublikasikan artikel SEO friendly di website bisnis Anda.

1) Membantu Proses Pengerjaan SEO Secara Keseluruhan

Seperti yang sudah disinggung di atas, artikel SEO merupakan salah satu PILAR yang “wajib” dimiliki untuk mengerjakan project SEO.

Jika suatu website memiliki banyak artikel SEO yang berkualitas dan bahkan berhasil muncul di halaman 1 hasil pencarian, proses optimasi website secara keseluruhan akan relatif lebih mudah.

Begitu juga sebaliknya.

2) Menambah Jumlah Kunjungan Organik Website

Salah tujuan membuat artikel SEO adalah agar artikel tersebut berhasil muncul di halaman 1 mesin pencari, sehingga berpotensi dikunjungi oleh banyak orang.

Semakin banyak artikel SEO berkualitas yang dimiliki oleh suatu website, akan berbanding lurus dengan jumlah banyaknya kunjungan yang didapatkan.

3) Membantu Mendatangkan Calon Pembeli

Kalau website bisnis Anda berhasil mendapatkan banyak kunjungan organik dari mesin pencari, akan semakin banyak pula orang – orang yang mengetahui keberadaan bisnis Anda.

Hal ini akan berdampak positif bagi bisnis Anda.

Karena artinya, bisnis Anda berpotensi mendapatkan banyak calon pembeli yang sebagian besarnya sudah siap untuk membeli. Bahkan siap menjadi pelanggan loyal.

4) Meningkatkan Kredibilitas Dan Popularitas Website

Kalau website Anda sering ditemukan di mesin pencari, seperti google misalnya, kredibilitas dan popularitasnya akan semakin meningkat. Dan bisa dikatakan kalau branding website Anda di mesin pencari telah berhasil.

Nah. di tahap ini tentunya akan jauh lebih bagi Anda untuk menawarkan produk dan jasa kepada target market.

Tips Dan Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Tips Menulis Artikel SEO Friendly

Menulis artikel SEO tidaklah mudah. Apalagi kalau belum terbiasa.

Hal ini yang membuat Saya dan tim di Folder SEO membuka jasa penulisan artikel SEO. Khususnya bagi Anda pemilik website yang butuh organic traffic.

Tapi kalau Anda ingin menulis artikel SEO seorang diri, no problem. Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini, yang sudah sering kami terapkan dalam mengerjakan artikel pesanan client.

1) Jumlah Kata

Artikel SEO berkualitas versi Saya adalah artikel yang isi pembahasannya jelas, lugas, tidak bertele – tele, dan tidak punya batasan minimal jumlah kata.

Tapi dari pengalaman pribadi, untuk menulis artikel sedetail itu biasanya membutuhkan 500 – 700 kata ke atas. Karena kalau di bawah itu, agak sulit untuk membuatnya.

2) Visual Gambar Dan Video

Di dalam 1 artikel SEO dengan panjang 500 – 700 kata, Saya sering menggunakan 1 – 3 gambar yang relevan dengan isi artikel.

Sedangkan untuk video, biasanya hanya digunakan untuk artikel yang isinya panduan dan atau tutorial. Jadi sifatnya optional.

3) Kata Kunci Utama

Untuk kata kunci utama, biasanya Saya letakkan di bagian title, meta title, URL, meta description, dan gambar (Menggunakan alt tag).

Kalau memang memungkinkan, Saya akan menyisipkannya juga di bagian sub judul. Baik itu sub judul 2, 3, dan seterusnya. Tentunya tergantung kebutuhan.

4) Internal Link Dan Outbound Link

Bagian yang tidak kalah penting lainnya dalam menulis artikel SEO adalah menggunakan tautan atau link di dalam artikel. Baik itu internal maupun outbound link.

Internal link adalah link yang menghubungkan antar halaman di suatu website.

Contoh: Di dalam halaman “Tentang kami” ada kata kontak kami, yang ketika di klik akan menuju ke halaman kontak kami.

Sedangkan outbound link adalah link yang ditujukan ke halaman website lainnya, yang dianggap memiliki konten relevan untuk dijadikan referensi.

Contoh: Anda ingin menulis artikel tentang bisnis properti.

Akan lebih baik kalau di dalam artikel tersebut terdapat kata atau brand developer properti ternama, yang ketika diklik akan menuju ke website resminya.

Karena ini artinya, mesin pencari akan melihat kalau Anda menggunakan website yang kontennya relevan sebagai referensi untuk artikel yang Anda tulis.

Terakhir, setelah selesai menulis dan mempublikasikan artikel, tugas Anda selanjutnya adalah mempromosikannya secara optimal.

Karena meskipun Anda sudah menulis artikel sebagus dan serutin mungkin, semuanya akan menjadi sia – sia kalau tidak ada orang yang mengetahui keberadaannya.

Sekian. Semoga bermanfaat.

Banner Promo Jasa Penulisan Artikel SEO