Bisnis Yang Cocok Menggunakan SEO: 5 Kriteria Utama

Kriteria Bisnis Yang Cocok Menggunakan SEO

Tulisan kali ini akan membahas tentang kriteria bisnis yang cocok menggunakan SEO. Karena tidak semua bisnis cocok menggunakan teknik ini sebagai cara berpromosi.

SEO hanyalah satu dari sekian banyaknya teknik marketing online yang ada di dunia.

Selain SEO, Anda bisa menggunakan cara promosi lain seperti google Ads, facebook ads, social media marketing, dan email marketing.

Bahkan di sosial media marketing saja, ada banyak channel yang bisa Anda gunakan. Mulai dari google my business, facebook, instagram, twitter, dan linkedin.

Dan baru – baru ini, muncul istilah nano dan micro influencer yang kebanyakan menggunakan media sosial untuk mempromosikan suatu bisnis.

Jadi kalau Anda tertarik menggunakan SEO untuk bisnis Anda, tapi belum sempat menelaah apakah bisnis tersebut cocok menggunakan SEO, sebaiknya simak penjelasan berikut ini.

5 Kriteria Bisnis Yang Cocok Menggunakan SEO

Daftar Bisnis Yang Cocok Menggunakan Teknik SEO

1) Ada Yang Mencari Di Mesin Pencari

Mayoritas pebisnis yang menggunakan SEO untuk bisnisnya memiliki satu kesamaan. Sama – sama ingin mendapatkan pembeli dari mesin pencari.

Kalau ingin menggunakan SEO, Anda harus bisa memastikan apakah bisnis Anda memang banyak dicari di mesin pencari, atau malah sebaliknya.

Anda bisa menggunakan tools gratis tapi powerful seperti google keyword planner atau ubersuggest.

Ketikkan kata kunci yang berhubungan dengan bisnis Anda. Lalu lihat berapa jumlah pencariannya dalam waktu 1 bulan.

Kalau jumlahnya banyak, ambil. Kalau sedikit, tinggalkan.

Selama concern di bidang SEO, Saya selalu memprioritaskan proses optimasi untuk kata kunci yang dicari minimal 500 kali dalam waktu 1 bulan.

2) Produknya Tidak Identik Dengan Marketplace

Untuk beberapa produk dan jasa tertentu, Anda bisa melihat kalau website marketplace sangat dominan di mesin pencari.

Contoh:

Kalau Anda mengetikkan kata kunci yang berhubungan dengan produk pakaian, kosmetik, elektronik, dan produk sejenisnya di google, yang muncul di halaman 1 adalah website marketplace.

Saya bukannya ingin mempengaruhi Anda untuk takut bersaing dengan marketplace. Tapi memang membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit jika ingin berkompetisi dengan mereka.

Kalau bisnis Anda memiliki sumber daya yang kurang lebih sama dengan marketplace, tidak masalah. Silahkan bertarung untuk memperebutkan posisi teratas di mesin pencari.

Tapi kalau ternyata belum, sebaiknya ambil kue yang lain.

3) Produk / Layanan Masih Baru

Produk dan layanan yang masih baru ini bisa Anda dapatkan di media sosial, forum, atau group whatsApp. Setelah itu Anda bisa mencari tahu berapa jumlah pencari dan tingkat persaingannya.

Contoh:

Dulu. Jauh sebelum Folder SEO ada. Saya pernah mendapatkan produk kesehatan yang lumayan trend di media sosial, dan waktu itu belum banyak yang menjualnya di marketplace.

Ketika di cek jumlah pencariannya di google, ternyata lumayan banyak. Selain itu tingkat persaingannya pun bisa dikatakan menengah.

Jadilah waktu itu Saya langsung membidik kata kunci tersebut. Dan Alhamdulillah berhasil muncul di peringkat 1 google Indonesia.

Atas izin Allah, produk tersebut bisa menghidupi Saya dan Istri selama beberapa bulan.

Tapi saat ini, produk tersebut sudah banyak dijual di marketplace dengan harga jual yang jauh lebih murah, sehingga cukup sulit bagi Saya untuk bersaing.

Jadi kalau Anda suatu saat nanti Anda menemukan produk seperti ini, tidak masalah untuk langsung dioptimasi dengan SEO. Hanya saja, jangan lupa untuk melakukan branding.

Sehingga kalau produk tersebut sudah banyak yang menjualnya di marketplace, Anda sudah punya brand sendiri dan kemungkinan besar akan tetap mendapatkan pelanggan.

4) Siap Menunggu 6 – 12 Bulan

Proses pengerjaan SEO itu tidak sebentar. Butuh waktu antara 6 – 12 bulan. Bahkan bisa lebih lama lagi kalau bisnis yang dioptimasi memiliki tingkat persaingan yang tinggi.

Anda sebaiknya jangan berharap mendapat keuntungan dulu selama proses optimasi berlangsung. Karena SEO lebih kepada strategi pemasaran online jangka panjang.

Anda dianjurkan hanya menggunakan SEO kalau profit bulanan bisnis Anda sudah stabil. Atau kalau Anda sudah siap menunggu minimal 6 bulan untuk bisa merasakan hasil SEO.

5) Margin Profit Lumayan

Di atas sudah disebutkan kalau proses pengerjaan SEO bisa sampai berbulan – bulan.

Jadi kalau Anda ingin mengoptimasi suatu bisnis dengan SEO, sebaiknya pilih produk yang margin profitnya lumayan besar.

Contoh:

Ada produk yang dicari sebanyak 10.000 kali dalam waktu 1 bulan. Dan margin profit yang akan Anda dapatkan adalah Rp 10.000/sales.

Di sisi lain, ada produk yang hanya dicari sebanyak 500 kali dalam waktu 1 bulan. Tapi memiliki margin profit Rp 500.000/sales.

Saya pribadi akan memilih produk kedua untuk dioptimasi.

Saya tidak menganggap remeh bisnis dengan margin profit yang kecil. Tapi pemilihan produk dengan margin profit besar ini sebanding dengan proses pengerjaan SEO.

Ingat. Anda baru bisa menikmati hasil dari SEO beberapa bulan kedepan. Dan bagi pebisnis, ini bukanlah waktu yang sebentar.

Kesimpulan

Sebagai clue, menurut Saya, salah satu bisnis yang cocok menggunakan SEO adalah tipe business to business (B2B). Dan biasanya berada di corporate.

Terpenting, jangan langsung tergiur menggunakan SEO karena ada iming – iming bisa mengoptimalkan omzet bisnis dengan budget minim.

Tetap lakukan validasi apakah bisnis Anda cocok menggunakan SEO atau tidak.

Promosi Jasa SEO Profesional

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares