13 Cara Branding Produk / Layanan Agar Nempel di Benak Konsumen

Cara Branding Produk

Halo entrepreneur! Kali ini Folder SEO akan sharing tentang bagaimana cara branding produk atau layanan yang Anda miliki. Seperti biasa, pendekatan yang kita gunakan adalah secara online, karena lebih minim budget.

Sedikit INTRO sebelum kita masuk ke pokok pembahasan, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang definisi branding. Kata branding memang familiar bagi banyak orang, tapi tidak semuanya tahu apa itu branding.

Situs Entrepreneur Asia Pacific mendefinisikan branding sebagai berikut ini. Dan kalau kita lihat di beberapa situs lainnya juga hampir sama definisinya.

Definisi brandingIntinya, branding merupakan aktivitas marketing (Online dan konvensional) yang bertujuan memperkenalkan brand kepada konsumen. Brand adalah objeknya. Sedangkan branding adalah aktivitas pemasarannya.

Berikut ini merupakan 13 cara branding produk dan atau layanan untuk bisnis Anda yang sudah kami rangkum.

13 Cara Branding Produk / Layanan

Kami anggap Anda sudah punya produk / layanan untuk dijual, namun masih bingung bagaimana cara branding produk / layanan untuk bisnis Anda tersebut.

Ini langkah-langkah yang bisa Anda kerjakan.

#1. Kenali Siapa Konsumen Anda

Idealnya, bisnis Anda sudah punya target market yang spesifik.

Tapi kalau belum punya, setidaknya ada gambaran umum yang Anda miliki terkait target market Anda tersebut. Dan seiring berjalannya waktu, akan tiba saatnya Anda berhasil memvalidasi siapa target market (Spesifik) Anda.

Untuk tahap awal, yang harus Anda cari tahu tentang konsumen Anda adalah demografi (Usia dan jenis kelamin), interest (Minat dan ketertarikan), geografi (Lokasi tempat tinggal), hingga perangkat mobile yang digunakan.

Ciri-ciri Konsumen

Anda bisa mendapatkan data-data tersebut dengan cara mengintegrasikan website bisnis Anda ke google analytics, seperti yang terlihat pada gambar di atas.

#2. Tentukan Gaya Bahasa dan Sapaan ke Konsumen

Tentukan Bahasa Sapaan Untuk Konsumen

Setelah mengetahui ciri-ciri konsumen Anda pada poin ke-1 di atas, akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan gaya bahasa dan sapaan ke konsumen.

Apakah ingin menggunakan gaya bahasa formal, non formal, gaul, dan lain sebagainya. Silahkan pertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan.

Karena gaya bahasa dan sapaan ini menunjukkan dengan siapa Anda berinteraksi.

#3. Perbaiki Kualitas Produk / Layanan

Perbaiki Kualitas Produk

Ini adalah cara branding produk / layanan yang paling powerfull. Karena cepat atau lambat, produk / layanan Anda akan dikenal banyak orang kalau kualitasnya bagus.

Untuk itu sebelum melangkah lebih jauh dalam membranding bisnis Anda, pastikan dulu kalau produk atau layanan yang ingin Anda jual ke konsumen memang berkualitas.

Tak hanya sampai di situ saja, Anda juga harus memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Sering juga disebut sebagai layanan before dan after sales.

Jangan sampai ketika Anda sudah melakukan marketing jor-joran untuk branding, tapi ternyata kualitas produk / layanan Anda belum layak pakai. Konsumen akan kecewa dan bisa jadi Anda ditikung oleh kompetitor.

#4. Buat Logo Bisnis Anda

Logo Apple

Apa yang terlintas di benak Anda ketika melihat logo apple di atas? Jawabannya pasti simple dan elegan.

Ya. Itulah logo yang baik.

Untuk itu sebisa mungkin buatlah logo yang simple, elegan, dan mudah diingat.

Selain apple, Anda juga bisa mendapatkan inspirasi dari beberapa logo terkenal lainnya seperti microsoft, nike, adidas, dan lainnya.

Ingat. Dapatkan inspirasi dari logo-logo tersebut. Jangan meniru 100%.

#5. Buat Tagline Dan Slogan

Slogan Untuk Branding Produk

Saat ini mungkin masih banyak orang yang belum bisa membedakan antara tagline dan slogan. Dan bisa jadi Anda termasuk salah satunya.

Tagline lebih bersifat permanen dan melekat pada suatu brand. Sedangkan slogan lebih kepada produknya.

Sebagai contoh, apple (Brand) dengan tagline think different-nya selalu memiliki slogan berbeda untuk setiap produk. Baik itu iphone, ipad, imac, dan macbook.

#6. Tentukan Font

Font Untuk Branding Produk

Jangan anggap remeh font. Karena ia bukan hanya sekedar tulisan.

Penggunaan font yang baik bisa berdampak positif bagi suatu brand. Bahkan ada beberapa brand ternama yang hanya menggunakan font untuk logo bisnisnya, dan sukses besar.

#7. Tentukan Warna Khas

Menentukan Warna Untuk Branding

Sama seperti font, peranan warna juga tidak kalah pentingnya. Karena bisa menjadi ciri khas dari suatu brand.

Sebagai contoh kami di Folder SEO selalu menggunakan kombinasi warna merah, hitam, dan putih, karena kami yakin ketiga warna tersebut cocok untuk target market kami.

N.B: Langkah no 1 – 8 di atas merupakan cara branding produk / layanan tahap awal.

#8. Optimasi Website Dengan SEO

Optimasi Website Dengan SEO

Konsep sederhana dari SEO adalah, website Anda dioptimalkan di mesin pencari (Google) agar berhasil muncul di halaman 1 google.

Dengan demikian website Anda akan berpotensi mendapat banyak kunjungan (Prospek), yang berarti memperbesar peluang meningkatnya penjualan.

Semakin sering dan banyak orang yang mengetahui keberadaan bisnis (Website) Anda, tentunya sudah merupakan proses branding yang berkelanjutan.

Anda bisa meng-hire penyedia jasa SEO profesional untuk mengoptimasi website Anda. Atau jika ingin mengerjakannya (SEO) sendiri, Anda juga bisa mengikuti program private SEO di Folder SEO.

Namun perlu diketahui bahwa pengerjaan SEO membutuhkan yang tidak sebentar, dan biasanya memerlukan waktu 4 hingga 6 bulan. Tapi hasilnya bisa terus Anda nikmati kedepannya.

Jadi bisa dikatakan kalau SEO merupakan cara branding produk untuk jangka panjang.

#9. Promosi di Media Sosial

Cara Branding Produk Dengan Media Sosial

Kuncinya, pilih 1 media sosial yang akan Anda tekuni, dan fokus di sana sampai berhasil.

Jangan langsung terburu-buru ingin aktif di semua channel media sosial yang ada, karena hasilnya tidak akan optimal. Kecuali Anda punya tim marketing yang jumlahnya memadai.

Setelah memilih 1 channel media sosial, lakukan promosi secara rutin.

#10. Lakukan Email Marketing

Branding Produk Dengan Email Marketing

Setelah website Anda dikunjungi banyak orang, jangan biarkan mereka pergi begitu saja. Tapi simpan database mereka agar Anda bisa melakukan follow up penjualan.

Salah satu cara follow up sekaligus branding adalah dengan menggunakan email marketing.

Anda bisa menggunakan layanan email marketing ternama seperti getresponse dan aweber untuk global, atau kirim email untuk lokal.

Cara Branding Produk: Tambahan

#11. Buat Event atau Jadi Sponsor Untuk Event

Event Untuk Branding Produk

Silahkan pilih. Jadi penggagas event sekaligus mempromosikan brand Anda, atau menjadi salah satu sponsor untuk event yang dibuat orang lain.

Keduanya sama bagusnya. Asalkan event tersebut sesuai atau berhubungan dengan lini bisnis Anda.

#12. Membuat Jingle / Iklan Pendek

Musik Pendek Intel Inside

Pernah lihat iklan video pendek intel? Iklan yang disertai dengan musik singkat ini merupakan salah satu contoh jingle terbaik menurut kami.

Kalau Anda ingin menirunya, Anda bisa membuat dan mempublikasikan jingle Anda di youtube. Minim budget dan hasilnya cukup efektif.

#13. Fokus dan Konsisten Hingga Berhasil

Fokus Hingga Berhasil

Ini yang terpenting. Fokus dan konsisten hingga berhasil.

Ingatlah bahwa membranding bisnis itu tidak mudah. Oleh karena itu hanya sebagian kecil orang saja yang bisa berhasil.

Kalau Anda ingin bergabung dengan orang-orang yang sudah berhasil membranding bisnisnya, maka fokus dan konsisten lah mengerjakan semua langkah di atas.

Kesimpulan

Tolok ukur berhasil atau tidaknya branding bisnis Anda cukup sederhana.

Brand bisnis Anda akan langsung disebut bahkan direkomendasikan jika ada orang-orang yang membutuhkan produk / layanan seperti yang Anda miliki.

Ke-13 poin di atas merupakan cara yang bisa Anda lakukan agar brand bisnis Anda dikenal banyak orang. Tentu saja dengan terlebih dahulu memperhatikan dan memperbaiki kualitas produk / layanannya.

Sekian artikel tentang cara branding produk / layanan ini. Semoga bermanfaat dan selamat praktek.

By |2018-12-06T13:59:04+00:00November 15th, 2018|Categories: Belajar SEO|Tags: |
error: Content is protected !!