Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Dengan 5 Langkah

Bismillah… Kali tim Folder SEO akan membahas tentang cara memulai bisnis online dari nol, khususnya bagi Anda yang ingin segera berbisnis online, tapi memiliki modal yang minim.

Sebelum kita mulai pembahasannya, ada hal penting yang harus Anda ketahui terlebih dahulu.

“Jangan percaya dengan istilah bisnis tanpa modal. Karena sekecil apapun bisnis yang Anda kerjakan, tetap saja membutuhkan modal.”

Intinya, tidak ada yang namanya bisnis tanpa modal. Tapi kalau bisnis dengan modal minim, itu banyak dan bisa dilakukan. Sekarang mari kita fokus sejenak dan mulai pembahasannya.

Inilah 5 Langkah dan Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

#1. Riset

Ingatlah bahwa modal Anda terbatas. Jadi harus lebih bijak dalam memilih bisnis online apa yang ingin dikerjakan.

Salah satu cara jitu yang bisa dilakukan ketika ingin memulai bisnis online adalah riset.

Riset di sini bertujuan untuk memvalidasi apakah produk dan jasa yang ingin Anda tawarkan ke pasar sudah ada peminatnya atau belum.

Kabar baiknya, Anda bisa menggunakan tools gratis untuk melakukan riset produk dan jada di internet.

Silahkan gunakan ubersuggest, lalu ketikkan kata kunci produk atau jasa yang ingin Anda jual.

Sebagai contoh, misalnya Anda ingin menjual kaos distro secara online. Dengan demikian, Anda bisa mencari tau terlebih dahulu apakah produk tersebut ada peminatnya atau tidak di internet.

Untuk lebih lengkapnya perhatikan gambar di bawah ini.

Skrinsut Kaos Distro

Gambar di atas adalah hasil riset menggunakan ubersuggest.

Dari gambar di atas, Anda dapat melihat bahwa kata kunci “Jual kaos distro” dicari sebanyak 320 kali setiap bulan. Sehingga dapat disimpulkan kalau produk ini ada peminatnya di internet. Selamat!

Supaya Anda lebih paham, silahkan baca artikel tambahan berikut ini:

#2. Cari Produk atau Jasa

Kami sangat menyadari bahwa tidak semua orang yang ingin berbisnis online sudah memiliki produk dan jasa. Dan mungkin Anda termasuk salah satu yang tidak memiliki keduanya.

Tapi jangan khawatir, karena sebenarnya Anda bisa mencari produk dan jasa yang ingin dijual di berbagai tempat.

Dari mulai keluarga dan kerabat terdekat, hingga mencari di internet dan mengajak untuk bertemu langsung supaya lebih enak diskusinya.

Intinya jangan sampai kehilangan akal. Dan pastikan bahwa Anda bekerja sama dengan orang (Pemilik produk dan Jasa) yang terpercaya.

Kalau perlu, buat perjanjian hitam di atas putih yang mengikat kedua belah pihak.

#3. Riset Harga Jual

Karena Anda akan menjual produk dan jasa secara online, Anda harus meriset harga jual produk dan jasa sejenisnya secara online juga (Di internet).

Caranya, bisa dengan mengetikkan kata kunci produk atau jasa Anda di google, media sosial, atau komunitas online yang sejenisnya.

Kami menyarankan agar Anda jangan terpancing untuk menawarkan harga semurah-murahnya agar banyak pembeli. Ingatlah bahwa “ada harga ada rupa.”

Sebaiknya, cukup tawarkan produk dan jasa Anda dengan harga sewajarnya, namun tingkatkan kualitas dan pelayanannya. Termasuk pelayanan after sales.

Dan yang terpenting adalah fokus pada daya beli calon pembeli Anda.

#4. Mulai Jualan

Sekarang saatnya berjualan online. Anda bisa berjualan online di media sosial atau media chat, terutama kalau modal yang dimiliki masih minim.

Untuk media sosial, Anda bisa menggunakan facebook pages (Fanpages) dan instagram. Keduanya merupakan media sosial terpopuler di Indonesia saat ini.

Sedangkan untuk media chat, Anda bisa menggunakan whatsapp atau LINE messenger.

Nantinya kalau Anda sudah punya “Uang berlebih” (Semoga disegerakan), pertimbangkan untuk membuat website penjualan atau toko online agar bisnis online Anda semakin berkembang.

Karena dengan memiliki website sendiri, sama halnya Anda memiliki toko sendiri untuk berjualan.

#5. Promosi

Ada banyak cara promosi yang bisa dilakukan. Dari mulai meminta bantuan keluarga atau kerabat terdekat, hingga langsung mempromosikannya secara online di internet.

Untuk cara promosi di internet, salah satu yang paling jitu menurut kami adalah berpromosi di google secara organik (Bukan iklan berbayar).

Alasannya, google sering digunakan untuk mencari berbagai informasi. Termasuk informasi seputar bisnis.

Tapi kalau Anda ingin berpromosi di google secara efektif, Anda harus belajar SEO terlebih dahulu, karena untuk membuat website muncul di google, Anda harus menguasai teknik SEO.

Opsi lainnya, Anda bisa menggunakan jasa SEO profesional, dan bisa fokus ke pengembangan bisnis Anda. Apapun itu, semua keputusan ada di diri Anda.

Sekian, semoga bermanfaat dan selamat praktek.

By |2018-09-20T16:31:09+00:00September 20th, 2018|Categories: Belajar SEO dan Bisnis Online|Tags: |
error: Content is protected !!