Cara Mencari Keyword Dengan Menggunakan Tools Gratis

Artikel kali ini akan membahas tentang cara mencari keyword untuk artikel, landing page, atau halaman-halaman penting lainnya di website Anda.

Tools yang digunakan: Ubersuggest.

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang cara riset keyword. Dan memang di artikel tersebut tidak ada disinggung tentang cara menemukan keyword atau kata kunci.

Untuk itu di kesempatan kali ini, tim Folder SEO akan mencoba menjabarkan secara ringkas tentang bagaimana mencari calon kata kunci.

Kenapa kami sebut dengan calon kata kunci?

Karena nantinya Anda harus tetap memfilternya sebelum digunakan. Khususnya mencari tau berapa jumlah pencari dan seberapa kuat tingkat persaingan kata kunci tersebut.

Sedikit repot memang. Tapi inilah tahap-tahap yang harus dilalui jika Anda ingin menggunakan SEO sebagai metode pemasaran.

Baiklah langsung saja, mari simak penjelasan berikut.

Cara Mencari Keyword

Cara Mencari Keyword Tahap 1: Brainstorming Topik Website

Brainstorming adalah hal pertama yang kami lakukan ketika ingin mengoptimasi website. Apapun jenis websitenya, langkah ini tidak pernah kami lewatkan.

Ringkasnya, brainstorming merupakan cara untuk mendapatkan jawaban dengan memberikan sejumlah pertanyaan. Ini dilakukan untuk mengasah kreativitas seseorang.

Misalnya Anda memiliki website bisnis. Supaya hasil pemasarannya optimal, Anda harus bisa membuat gambaran umum terkait:

  • Demografi calon pembeli
  • Hobi atau ketertarikan calon pembeli
  • Penghasilan calon pembeli, dan lain sebagainya

Setelah mendapatkan jawaban dari beberapa pertanyaan di atas, strategi pemasaran (Website) Anda akan lebih tepat sasaran, terutama dalam hal pengkomunikasian pada calon pembeli.

Nah, hal yang sama juga berlaku ketika ingin mencari kata kunci. Poin pertama yang harus Anda pikirkan adalah jenis kata kunci yang ingin dicari. Apakah kata kunci penjualan, atau kata kunci informasi.

Misalnya, Anda punya website yang menjual produk genset.

Dengan demikian, Anda bisa fokus pada kata kunci yang berhubungan dengan informasi seputar genset. Misalnya tips merawat genset.

Lebih jauh lagi, kata kunci ini ditujukan ke orang-orang yang sudah tertarik membeli genset, tapi masih ragu karena bingung bagaimana cara merawatnya (Jika sudah dibeli).

Sampai di sini Anda sudah memiliki 1 ide kata kunci. Yakni “Tips merawat genset.”

Cara Mencari Keyword Tahap 2: Relevansi Kata Kunci

Berikutnya Anda bisa mendapatkan kata kunci yang relevan dengan “Tips merawat genset.”

Caranya, kunjungi situs ubersuggest. Ketikkan kata kunci “Tips merawat genset”, setting web dan bahasa Indonesia, lalu tekan tombol look up.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

Ide Kata Kunci Tips Merawat Genset

Dari gambar di atas terlihat bahwa ada 403 ide kata kunci yang (Dianggap) relevan dengan “Tips merawat genset”. Scroll ke bawah untuk melihat secara keseluruhan.

Keyword Relevan

Supaya lebih praktis, Anda bisa langsung mendownload semua kata kunci yang ada. Caranya scroll hingga bagian paling bawah. Lalu cari dan klik tombol export to csv.

Ekspor Ide Kata Kunci

Sekarang Anda sudah mendapatkan 1 ide kata kunci beserta ratusan kata kunci yang dianggap relevan. Langkah selanjutnya adalah memfilter kata kunci tersebut. Baca selengkapnya di artikel cara riset keyword.

Semoga artikel mencari kata kunci ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.

Tips SEO GRATIS

Dapatkan Tips SEO dan Bisnis Online GRATIS! Cukup Daftarkan Email Aktif Anda
By |2018-09-13T13:33:23+00:00September 13th, 2018|Categories: Belajar SEO|Tags: |
Share
Share
+1
Tweet