Cara Mendapatkan Pengunjung Organik Dari Google

Kalau Anda ingin mengetahui bagaimana cara mendapatkan pengunjung organik dari google, silahkan lanjutkan membaca artikel ini sampai tuntas.

Sebelumnya Anda harus memiliki website SEO friendly.

Karena ini adalah salah satu syarat agar konten Anda lebih mudah tampil di halaman 1 google, sehingga berpotensi mendapatkan kunjungan organik dari google.

Anda bisa belajar membuat website secara mandiri dengan menggunakan tutorial yang banyak tersedia di internet.

Atau kalau ingin lebih praktis lagi, Anda bisa mengalokasikan budget khusus untuk menggunakan jasa pembuatan website profesional.

Jika Anda sudah memiliki website, silahkan praktekkan langkah – langkah berikut ini secara bertahap.

Cara Mendapatkan Pengunjung Organik Dari Google Dengan 5 Langkah

Checklist Mendapatkan Pengunjung Organik

1 – Utamakan Kata Kunci Dengan Tingkat Persaingan Rendah

Saya menyarankan Anda untuk terlebih dahulu fokus menaklukkan kata kunci dengan tingkat persaingan rendah.

Alasannya?

Karena kata kunci seperti ini akan memudahkan konten Anda tampil di halaman 1 google, sehingga berhasil mendapatkan kunjungan organik dari google.

Kata kunci ini memang memiliki jumlah pencarian yang sedikit. Tapi fokus utama Anda di sini adalah bagaimana cara mendapatkan pengunjung organik menuju website Anda.

Untuk itu kesampingkan dulu berapa jumlah pencariannya.

2 – Menulis Konten Yang Relevan, Berkualitas, Dan SEO Friendly

Langkah berikutnya adalah membuat konten relevan dengan kata kunci yang sudah Anda pilih. Dan usahakan kalau konten tersebut paling berkualitas ketimbang konten lain yang ada di halaman 1 google.

Anda bisa mempelajari seperti apa konten kompetitor Anda dengan cara mengunjungi websitenya satu per satu. Setelah itu catat semua kekurangannya, dan buat konten yang lebih baik di website Anda.

Berikutnya pastikan kalau konten yang Anda buat sudah SEO friendly. Silahkan baca artikel Folder SEO yang berjudul artikel SEO Friendly.

3 – Mempromosikan Konten Tepat Sasaran

Sebagus apapun konten yang sudah Anda buat, hasilnya tidak akan optimal kalau tidak ada orang yang mengetahui keberadaannya.

Untuk itu Anda harus tetap mempromosikan konten tersebut.

Akan tetapi jangan sembarangan dalam melakukan promosi. Apalagi sampai spamming.

Promosikan konten Anda di tempat yang tepat. Misalnya dengan menggunakan media sosial seperti facebook.

Anda bisa membuat fanspage yang berkaitan dengan website Anda, kemudian membagikan konten yang Anda buat di sana.

Bisa juga dengan cara langsung mempromosikan konten Anda di facebook personal, tanpa harus melakukan tag teman terhadap teman – teman facebook Anda.

Intinya bagikan konten tersebut untuk orang – orang yang menurut Anda memang membutuhkan dan menginginkannya.

4 – Konsisten Mempublikasikan Konten

Google sangat menyukai website yang rutin mempublikasikan konten. Apalagi kalau konten yang dipublikasikan bermanfaat untuk banyak orang.

Untuk itu usahakan mempublikasikan konten di website Anda secara rutin. Kalau belum bisa 1 kali dalam 1 hari, minimal 1 kali dalam 1 minggu.

Sebagai catatan, jangan hanya mengejar kuantitas konten yang dipublikasikan, tapi perhatikan juga kualitasnya. Akan lebih baik kalau Anda bisa rutin mempublikasikan konten berkualitas.

5 – Ikuti Panduan Google Webmaster

Sebagai mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia, banyak pemilik website yang berlomba – lomba untuk mendapatkan kunjungan organik dari google.

Dan Anda salah satunya.

Hal ini membuat google melakukan “seleksi” terhadap semua website. Tujuannya untuk memastikan agar website yang tampil di peringkat teratas hasil pencarian benar – benar berkualitas.

Pihak google melalui google webmaster central blog sering memberikan informasi tentang hal – hal penting yang harus diperhatikan oleh pemilik website.

Bisa dikatakan ini ibarat panduan yang harus diikuti oleh pemilik website jika ingin websitenya tetap disukai google.

Kesimpulan

Kunci utama untuk mendapatkan pengunjung organik dari google adalah dengan menerapkan teknik SEO sesuai panduan google.

Jangan langsung percaya dengan cara cepat mendapatkan kunjungan organik dari google. Karena bisa jadi teknik yang dilakukan melanggar ketentuan google.

SEO (Search Engine Optimization) merupakan teknik pemasaran online yang pengerjaannya membutuhkan proses. Bisa berbulan – bulan bahkan hingga tahunan.

Namun hasilnya bisa Anda nikmati untuk jangka panjang, dan mampu menghemat budget marketing website Anda.

Jadi, jalani semua prosesnya untuk bisa menikmati hasilnya.