Internal Link: Pengertian, Manfaat, Dan Cara Kerjanya Pada Website

Internal Link

Di artikel kali ini Folder SEO akan membahas tentang internal link / link internal. Mulai dari pengertian, manfaat, dan bagaimana cara kerjanya pada suatu website.

Kita mulai sekarang…

Pengertian Internal Link

Link internal merupakan link yang ada di halaman website, dan ditujukan ke halaman website lainnya, namun masih berada di website yang sama.

Contoh …

Ada website atau toko online yang memiliki 100 halaman.

Halaman ke 10 dari website tersebut terdapat link yang menuju ke halaman 5 dari website yang sama. Inilah pengertian sederhana dari link internal.

N.B:

Demi kenyamanan pembaca, link internal ini harus benar-benar ditujukan ke halaman yang relevan.

Misal, kalau Anda memiliki konten tentang tips blogging, Anda bisa memasang link internal menuju artikel lainnya putar cara menghasilkan uang dari blog.

Jadi ketika ada pengunjung yang mengklik link / tautan tersebut, dia akan tetap merasa nyaman membaca artikel yang Anda share.

Manfaat Internal Link

#1. Memberikan Referensi Untuk Pengunjung

Dalam penulisan konten artikel, sebaiknya memang memberikan referensi menuju artikel terkait lainnya.

Tujuannya untuk memberikan kepuasan pada pengunjung.

Link yang ditujukan ke artikel di website lain disebut outbound link. Sedangkan link yang ditujukan ke artikel yang masih berada di dalam website tersebut dinamakan link internal.

Selain bisa memberikan referensi kepada pengunjung, keberadaan link internal ini sekaligus memberikan kepada mereka kalau website Anda memiliki konten terkait yang layak dibaca.

#2. Pengunjung Semakin Betah Berada di Website

Kalau setiap konten di website Anda memiliki keterkaitan satu sama lain, keberadaan link internal juga bisa dioptimalkan untuk menghubungkan konten-konten tersebut.

Semakin banyak dan jelas pembahasan konten di website Anda, para pengunjung tentunya akan semakin betah berada di website Anda.

#3. Memberikan Kepuasan Kepada Pengunjung

Secara global, inilah manfaat link internal secara umum. Yakni memberikan dan menjaga memberikan kepuasan pengunjung (User experience) agar mereka mau berkunjung lagi ke website Anda.

Cara Kerja

Anda memiliki website yang katakanlah membahas topik / tema tertentu, dan di dalamnya terdapat link internal menuju artikel blog lainnya.

Para pembaca merasa senang dengan kualitas konten artikel Anda, dan mereka pun bersedia mengklik / mengunjungi link internal yang menuju ke artikel relevan lainnya di website Anda.

Dampaknya, para pengunjung semakin betah berlama-lama di website Anda, dan durasi kunjungan mereka menjadi meningkat.

Perilaku pengunjung ini (Betah di website Anda) mendapat perhatian dari google, yang kemudian menyimpulkan bahwa website Anda adalah website yang berkualitas.

Kalau sudah begini, akan relatif mudah bagi Anda untuk mengoptimasi konten artikel website Anda tersebut agar muncul di halaman 1 google.

By |2018-12-21T11:23:51+00:00December 21st, 2018|Categories: Belajar SEO|Tags: |0 Comments

About the Author:

Indonesia's Search Engine Optimizer

Leave A Comment

shares
error: Content is protected !!