Konsep Dasar SEO Pada Sebuah Website / Toko Online

Konsep Dasar SEO

Halo entrepreneur! Kali ini Folder SEO akan sharing tentang konsep dasar SEO pada suatu website. Baik itu website bisnis maupun toko online / ecommerce.

Tujuan dari mengetahui hal ini adalah untuk memudahkan Anda dalam memahami cara kerja SEO. Termasuk apa yang dianjurkan dan hal-hal apa saja yang sebaiknya ditinggalkan.

Mari kita mulai!

Konsep Dasar SEO Pada Sebuah Website

Ada 2 variabel utama pada SEO. Pertama adalah mesin pencari. Kita ambil contoh google. Dan yang kedua adalah website. Baik itu website bisnis, toko online, bahkan media sosial sekalipun. Intinya adalah website.

Tugas (Utama) Mesin Pencari adalah “menyenangkan penggunanya”. Caranya dengan memberikan hasil relevan di SERP (Search Engine Result Page) / halaman hasil pencarian.

Misalnya:

Ada orang yang mengetikkan kata kunci belajar SEO, maka tugas google adalah menampilkan / mengurutkan website-website terbaik yang dianggap pas dengan kata kunci di atas.

Jadi, website yang berada di halaman 1 google merupakan website terbaik versi google.

Pengguna google mencari informasi → Google memberikan hasil terbaik → Pengguna happy → Google juga happy karena semakin banyak yang menggunakan layanannya.

Tugas Pemilik Website adalah berusaha agar websitenya “Dipilih google” untuk ditampilkan di halaman 1.

Google (dan mesin pencari lain) adalah sebuah produk. Mereka ingin supaya orang lain puas menggunakan layanan mereka.

Caranya:

#1. Rutin Mempublikasikan Konten Berkualitas

Setelah Anda membuat website, konten berkualitas merupakan syarat utama agar website Anda dilirik dan ditampilkan di halaman 1 google.

Memang tidak mudah mempublikasikan konten berkualitas secara rutin. Tapi dengan komitmen, Anda bisa saja rutin menerbitkannya di website Anda, minimal 2 atau 1 kali dalam seminggu.

#2. Struktur Dan Tampilan Website

Struktur website di sini bertujuan untuk memudahkan mesin pencari dalam merayapi (Crawling) website Anda. Sehingga biasanya disesuaikan dengan keinginan mesin pencari.

Sedangkan untuk tampilan website, ditujukan untuk pengguna / pengunjung website Anda. Tujuannya agar mereka merasa betah berada di website Anda, dan bahkan ikut mempromosikannya.

#3. Memperhatikan Kepuasan Pengguna

Kalau poin ke 1 dan 2 sudah berhasil dikerjakan, sekarang waktunya untuk mengembangkan website Anda ke tahap yang lebih tinggi lagi.

Caranya dengan mempertahankan bahkan meningkatkan kepuasan pengguna terhadap website Anda.

Anda bisa mengurangi fitur yang dianggap mengganggu, dan menambah poin-poin yang dianggap penting bagi pengguna.

Misalnya: Mengurangi iklan / jualan dan lebih memfokuskan untuk berbagi informasi penting.

#4. Mempopulerkan Website

Bagian ke-4 ini lebih kepada cara promosi. Tujuannya agar semakin banyak orang yang mengetahui keberadaan website Anda.

Tidak cukup dengan optimasi SEO, Anda juga membutuhkan metode pendukung lainnya sepert social media dan email marketing.

Namun sebelum melakukan promosi, penting bagi Anda untuk memastikan kualitas produk / layanan Anda memang benar-benar siap pakai.

Kesimpulan

Pengguna membutuhkan informasi / website yang relevan di mesin pencari, untuk setiap kata kunci yang mereka ketikkan. Dan mesin pencari berusaha memenuhi kebutuhan pengguna tersebut.

Seperti itulah konsep dasar SEO.

Sekian artikel tentang konsep dasar SEO ini. Semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan dan selamat praktek.

By |2018-12-06T13:58:22+00:00November 20th, 2018|Categories: Belajar SEO|Tags: |
error: Content is protected !!