Tips Memilih Nama Brand Untuk Bisnis Online Anda

Memilih Nama Brand

Halo entrepreneur! Kali ini Folder SEO akan sharing tentang cara memilih nama brand untuk bisnis Anda. Termasuk bisnis online yang sekarang sedang berkembang.

Di bisnis konvensional, kita mengenal nama bisnis sebagai nama brand. Tapi di bisnis online, yang menjadi brand kita adalah nama domain yang dipakai di website.

Kita semua tahu kalau sudah banyak brand bisnis yang “Lahir” dari bisnis online. Ringkasnya, bisnis online itu bisa digunakan sekaligus untuk branding.

Jadi pembahasan kali ini adalah bagaimana tips memilih nama brand online, atau domain untuk bisnis online.

Ini penjelasan kami.

5 Cara Memilih Nama Brand

#1. Nama Domain (Bisnis) Belum Pernah Dipakai

Karena ini bisnis online, nama domain Anda lah yang jadi nama bisnis / brand.

Jadi pastikan kalau nama domain tersebut belum pernah dipakai orang lain.

Tujuannya untuk menghindari masalah hak milik di kemudian hari. Apalagi kalau bisnisnya sudah berhasil,biasanya ada saja pihak yang berusaha mencari “Celah.

Salah satu cara mengetahui apakah suatu domain sudah pernah dipakai atau belum adalah dengan menggunakan situs domaintools[dot]com.

#2. Nama Domain Unik Tapi Tidak Terlalu Panjang

Memilih nama domain yang unik itu “Wajib.” Ada dua alasan yang mendasarinya.

Pertama, kemungkinan besar nama domain yang biasa-biasa saja sudah diambil orang lain. Mereka ini sering disebut sebagai domain hunter, yang sering berburu domain untuk kemudian dijual di saat yang tepat.

Kedua, nama domain unik dibutuhkan untuk menarik perhatian calon pengguna / pembeli. Dengan catatan produk dan jasanya tetap harus berkualitas.

Jadi ketika orang (Calon pembeli) berkunjung ke website bisnis Anda karena namanya unik, peluang mereka membeli produk Anda akan semakin besar kalau produknya berkualitas.

Selain memilih nama domain yang unik, Anda juga harus memperhatikan panjang pendeknya nama tersebut. Dan kalau bisa tidak terlalu panjang. Kira-kira maksimal 4 frasa.

Tujuannya supaya lebih mudah diingat dan diucapkan. Contoh, Folder SEO (2 Frasa) yang cukup mudah diingat dan diucapkan.

#3. Nama Domain Mudah Ditulis dan Diucapkan Ketika Didengar

Salah satu cara yang sering dilakukan ketika mempromosikan nama domain / bisnis adalah dengan dilafalkan.

Misalnya ketika Anda bertemu dengan orang baru atau rekan bisnis di tempat seminar, biasanya Anda akan saling memperkenalkan bisnis sambil ngobrol.

Jadi usahakan ketika Anda mengucapkan nama bisnis Anda, nama tersebut mudah untuk diucapkan (Kembali) dan ditulis oleh lawan bicara Anda.

#4. Nama Domain Bisa / Tidak Mewakili Produk

Kebanyakan orang memilih nama bisnis / domain yang dianggap mewakili bisnisnya. Atau minimal, di nama tersebut terkandung nama yang berhubungan dengan bisnisnya.

Anda bisa mengikuti cara ini, dan bisa juga mengabaikannya. Karena banyak juga nama brand yang dari namanya sama sekali tidak berhubungan dengan produk yang dijual.

Contoh nama brand yang mewakili produk, KFC, Kentucky Fried Chicken (Bisnis Ayam Goreng).

Contohnya nama brand yang tidak mewakili produk, apple (Buah) yang ternyata berbisnis laptop dan smartphone.

Lihat perbedaannya? Dan kedua bisnis ini bisa berhasil di segmen pasarnya masing-masing.

#5. Nama Domain Memiliki Makna Positif

Bagian terakhir ini lebih kepada DOA, harapan, dan atau filosofi dari Anda sebagai pemilik bisnis.

Setiap pebisnis normal pasti berharap bisnisnya bisa menghasilkan sesuatu yang baik serta bermanfaat bagi banyak orang, khususnya orang-orang terdekat.

Jadi pilihlah nama domain yang baik untuk tujuan yang baik.

Sekian artikel singkat tentang cara memilih nama brand ini. Semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan dan selamat praktek.

By |2018-12-06T13:55:53+00:00December 6th, 2018|Categories: Belajar SEO|Tags: |
error: Content is protected !!