Apa Itu SEO, Pengertian SEO Lebih Detail, Beserta Tujuannya

Halo entrepreneur! kali ini Folder SEO akan sharing tentang pengertian SEO.

Cara paling sederhana untuk mengetahui pengertian SEO adalah dengan mencari tau kepanjangannya.

SEO = Search Engine Optimization

Dari istilah di atas, jika diterjemahkan secara bebas ke dalam bahasa Indonesia, bisa diambil kesimpulan bahwa SEO merupakan optimasi mesin pencari.

Atau dengan kata lain merupakan teknik mengoptimalkan mesin pencari, khususnya mesin pencari google.

Kenapa google dijadikan sebagai acuan?

Karena mereka adalah mesin pencari paling berkualitas, populer, dan masih banyak digunakan hingga saat ini. Dan sepertinya hal ini akan bertahan lama.

Pengertian SEO Berdasarkan Cara Kerjanya

Pengertian SEO

SEO adalah teknik mengoptimalkan halaman website yang mengandung kata kunci tertentu, agar bisa muncul di halaman 1 google, syukur-syukur bisa muncul di peringkat 5 besar.

Dalam proses pengerjaannya, secara umum SEO terbagi ke dalam 2 bagian, yakni on page SEO dan off page SEO. Berikut penjelasannya.

#I. Pengertian SEO On Page

SEO on page merupakan teknik SEO yang dikerjakan di website yang bersangkutan. Biasanya dimulai dari:

  1. Membuat struktur dan navigasi website yang jelas
  2. Rutin mempublikasikan konten/artikel yang SEO friendly
  3. Penggunaan internal dan eksternal link secukupnya
  4. Dan hal-hal penting lainnya

Dalam proses pengerjaan SEO on page, point ke-2 (Artikel SEO friendly) bisa dikatakan memiliki peran yang sangat sentral.

Karena terkadang, dengan hanya bermodalkan artikel SEO friendly saja, sebuah halaman website sudah bisa berhasil masuk ke halaman 1 google untuk kata kunci tertentu.

Apa Itu Artikel SEO Friendly?

Singkatnya, artikel SEO friendly merupakan artikel yang dipublikasikan di suatu website, dan dibuat dengan teknik SEO khusus agar disukai oleh mesin pencari google.

Keuntungannya, artikel tersebut berpeluang besar muncul di halaman 1 google!

Pembahasan lebih lanjut tentang artikel SEO friendly akan kami jabarkan pada kesempatan berikutnya.

#II. Pengertian SEO off Page

Berbanding terbalik dengan SEO on page, SEO off page merupakan teknik SEO yang dikerjakan dari website lain, namun tetap ditujukan untuk website yang ingin dioptimasi.

SEO off page sangat identik dengan istilah inbound link/backlink, atau teknik mendapatkan link berkualitas (Rekomendasi) dari website lain menuju website yang ingin dioptimasi.

Contoh:

Supaya pengerjaan SEO website A bisa memberikan hasil yang baik, sangat dianjurkan agar website A menerima banyak inbound link berkualitas dari website B,C,D,E, dan seterusnya.

Namun harus digarisbawahi, yang diutamakan di sini adalah kualitas inbound link yang diterima.

Lebih baik hanya mendapat beberapa inbound link namun berkualitas, ketimbang mendapatkan banyak sekali inbound link, tapi semuanya tidak berkualitas.

Dan idealnya, sebuah website mendapatkan banyak nbound link yang berkualitas. Kuantitas iya, kualitas juga iya. Tapi ini hanya kondisi ideal yang tidak mudah untuk mencapainya.

Nah, Inbound link berkualitas biasanya berasal dari website yang berkualitas juga. Salah satunya berasal dari website yang memiliki authority (Otoritas) akan topik tertentu.

Sebaliknya, inbound link yang tidak berkualitas biasanya berasal dari website yang tidak berkualitas pula, seperti website yang isinya spamming, artikel hasil copas, dan lain sebagainya.

Ilustrasi Inbound Link yang Baik

Anda memiliki website bisnis sewa/rental mobil.

Dengan demikian, akan lebih baik jika website bisnis Anda tersebut mendapatkan inbound link dari website authority/populer seputar traveling, atau sejenisnya.

Nah, setelah mengetahui pengertian SEO dan gambaran umum tentang cara kerjanya, mungkin Anda akan bertanya-tanya,

Apa sih tujuan melakukan SEO?

Simak penjelasan berikut ini:

Tujuan SEO Untuk Website Bisnis

Goal utama dari optimasi SEO adalah mengusahakan agar suatu website bisa tampil di halaman 1 google. Bahkan kalau bisa, semua halaman penting dari website tersebut bisa tampil di halaman 1.

Harapannya, agar produk/layanan dari website yang bersangkutan bisa ditemukan di google, sehingga berpotensi mendapatkan banyak pengguna.

Well, cukup sekian artikel tentang pengertian SEO ini.

Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan, dan boleh di-share agar semakin banyak orang yang tau.

#SalamOptimasi

By |2018-12-06T14:04:11+00:00February 23rd, 2018|Categories: Belajar SEO|Tags: |
error: Content is protected !!