SEO off Page – Pengertian Dan Cara Kerjanya Pada Website

SEO off page

Halo entrepreneur! Kali ini Folder SEO akan sharing singkat tentang SEO off page, yang sering juga disebut sebagai off page / off site SEO.

Pembahasan kita kali ini lebih kepada definisi dan bagaimana cara kerjanya pada suatu website. Baik itu website personal, bisnis / corporate, maupun toko online.

Sebelum lanjut ke pembahasan, kami menyarankan Anda untuk terlebih dahulu membaca artikel tentang SEO on page, karena keduanya (On page & off page) sangat berkaitan.

Pengertian SEO off Page

Apa itu off page SEO?

Off page SEO adalah teknik mengoptimasi website yang dilakukan dari website dan atau media lainnya, menuju ke website utama / yang ingin dioptimasi.

Singkatnya, Anda berusaha agar website utama Anda mendapatkan tautan / link dari website lain dengan topik sejenis.

Maka dari itu off page SEO ini sering juga disebut sebagai teknik backlink, yakni memberikan link dari website lain menuju website utama.

Contoh sederhana backlink adalah media sosial, dimana Anda bisa mencantumkan link / URL website di halaman profile nya.

Dan ketika link tersebut di klik oleh pengunjung, mereka akan diarahkan menuju website Anda. Ini adalah contoh penerapan backlink yang paling sederhana.

Sampai di sini kami rasa Anda sudah memahami tentang definisi off page SEO / Backlink.

Selanjutnya kita akan lanjut ke pembahasan tentang bagaimana cara kerja off page SEO pada suatu website.

Cara Kerja SEO off Page

Misalkan Anda memiliki website A, dan ingin mengoptimasi kata kunci jasa pembuatan website agar muncul di halaman 1 google.

Karena tingkat persaingan kata kunci tersebut termasuk tinggi, maka Anda membutuhkan “Rekomendasi” berupa link dari website lain. Misalnya website B, C, D, E, dan F (Ada 5 website).

Di 5 website tersebut, Anda mengusahakan agar terdapat anchor text yang berbeda-beda, seperti: membuat website, website toko online, layanan pembuatan website, website, dan toko online.

Ketika anchor text tersebut di-klik oleh pengunjung, mereka akan diarahkan menuju website A yang merupakan website utama Anda.

Ringkasnya, website B, C, D, E, dan F mencoba memberitahukan ke google dan pengunjung bahwa: kalau pengunjung ingin mencari jasa pembuatan website, website A adalah pilihan yang tepat.

Kesimpulan

Anda tidak bisa memastikan berapa banyak jumlah backlink yang harus dimiliki untuk membuat website Anda tampil di halaman 1 google.

Bahkan pernah terjadi suatu website bisa tampil di halaman 1 google walau tidak menggunakan backlink. Dengan catatan, tingkat persaingan kata kunci tersebut rendah.

Semakin tinggi tingkat persaingan kata kunci yang ingin Anda optimasi, Anda memerlukan backlink yang “Pas” untuk menaikkan website Anda di halaman 1 google.

Bisa belasan, puluhan, bahkan ratusan.

Yang harus diingat adalah, gunakan backlink secukupnya dengan website sumber backlink memiliki kriteria minimal sebagai berikut:

  • Tidak bekas spam
  • Kaya konten
  • Unik (Beda hosting)
  • Berkualitas / Populer
  • Perbandingan link masuk dan link keluar tidak terlalu mencolok (Link juice)

Sekian artikel tentang off page SEO ini. Semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan dan selamat praktek.

By |2018-12-06T13:57:26+00:00November 30th, 2018|Categories: Belajar SEO|Tags: |
error: Content is protected !!