Tips Bisnis Online Praktis Dan Powerfull Untuk Pemula

Tips Bisnis Online Sederhana

Halo entrepreneur! Kali ini Folder SEO akan sharing tentang tips bisnis online, khususnya bagi Anda yang masih “Baru” di bisnis online.

Atau mungkin belum mendapatkan hasil yang optimal di bisnis ini.

Pertama-tama, perlu dicatat bahwa bisnis online itu ada cukup banyak jenisnya. Dari mulai berjualan online di toko online, marketplace, dan media sosial.

Ada juga bisnis online dengan cara blog monetizing, atau menghasilkan uang melalui aktivitas ngeblog. Caranya bisa dengan memasang iklan banner, review berbayar (Paid review), titip link, dan lain sebagainya.

Selain kedua model bisnis online di atas, ada juga istilah affiliate.

Ringkasnya, Anda akan menjadi marketer atau perantara yang membantu menjualkan produk / jasa milik orang lain.

Dan ketika produk tersebut berhasil dijual, Anda akan mendapatkan sejumlah komisi sesuai dengan kesepakatan sebelumnya.

Sampai di sini tentunya Anda bisa melihat kalau ada begitu banyak peluang di bisnis online ini.

Sekarang, kami akan sharing tentang langkah-langkah atau tips bisnis online, atau bagaimana cara sederhana agar bisa menghasilkan uang melalui bisnis online.

3 Tips Bisnis Online Praktis Dan Powerfull

#1. Cari Dan Tentukan Produk

Ini adalah bagian pertama dan yang paling penting dari bisnis online, yakni mencari dan menentukan produk / jasa yang ingin dijual.

Di sini mungkin akan memakan waktu sedikit lebih lama, karena Anda harus benar-benar teliti dalam melakukan riset kata kunci, sehingga bisa mendapatkan banyak kata kunci yang potensial untuk bisnis Anda.

Dan sebelum masuk ke kata kunci, biasanya Anda membutuhkan sejumlah ide terlebih dahulu sebelum mengeksekusinya.

Jadi sangat wajar kalau di bagian menentukan produk / jasa ini akan lumayan lama.

Nah, setelah Anda berhasil mendapatkan ide bisnis dan mengumpulkan kata kunci, langkah selanjutnya adalah menulis artikel SEO friendly secara rutin dan konsisten.

Jadi ketika nantinya Anda sudah memiliki website aktif, Anda sudah memiliki stok konten artikel yang memadai untuk segera dipublikasikan.

#2. Dapatkan Traffic

Setelah memiliki website bisnis atau toko online, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan mempromosikan website tersebut.

Di bagian promosi ini juga tidak mudah, karena bisa dikatakan, mempromosikan produk / jasa harus dilakukan dengan rutin dan konsisten.

Sampai kapan? Sampai website bisnis Anda berhasil mencapai target.

Ada banyak cara promosi yang bisa Anda lakukan. Dari mulai beriklan di google adwords dan facebook, atau menggunakan layanan email marketing.

Tapi kendalanya adalah, untuk berpromosi menggunakan google adwords dan facebook, Anda harus mengeluarkan cukup banyak biaya di depan, sama seperti beriklan pada umumnya.

Sedangkan untuk email marketing, Anda harus memiliki banyak list email. Mungkin sekitar ribuan list email.

Selain 3 cara mendatangkan traffic / kunjungan di atas, ada cara lainnya yang bisa Anda terapkan. Yakni SEO, atau teknik mengoptimasi website di mesin pencari, sehingga muncul di halaman 1 google.

Kalau website Anda sudah berhasil muncul di halaman 1 google, apalagi di peringkat 5 besar, besar kemungkinan akan dikunjungi oleh banyak orang.

Dengan demikian, traffic / kunjungan ke website Anda akan bertambah banyak.

Kalau Anda punya alokasi budget untuk belajar SEO, Anda bisa mengikuti kelas private SEO, atau menggunakan jasa SEO profesional dan terpercaya.

Memang, budget menggunakan layanan SEO tidaklah murah.

Tapi hal tersebut bisa menghemat waktu sehingga Anda tidak perlu lagi memikirkan hal-hal teknis di bisnis Anda, dan cukup fokus pada pengembangan bisnis saja.

#3. Konversi Penjualan

Terakhir adalah konversi penjualan.

Walaupun website Anda mendapatkan banyak traffic / kunjungan, namun hal tersebut akan sangat percuma kalau Anda belum menghasilkan sales / penjualan.

Untuk itulah bagian konversi ini sangat penting untuk diperhatikan.

Salah satu faktor utama agar konversi penjualan bisnis Anda meningkat adalah membuat halaman penawaran yang tidak bisa ditolak oleh calon pembeli.

Hal ini lebih kepada teknik copywriting, dan akan dibahas pada artikel lainnya.

Tips Bisnis Online: Kesimpulan

Sebelum bersusah payah membuat copywriting untuk bisnis Anda dan melakukan promosi secara gencar, pastikan terlebih dahulu kalau kualitas produk dan jasa Anda memang layak pakai.

Termasuk layanan after salesnya, agar membuat para pelanggan secara sukarela mempromosikan bisnis Anda.

Jangan sampai gencar untuk mencari pelanggan baru, tapi semuanya kecewa karena ternyata kualitas produk / jasa Anda belum siap pakai.

Sekian artikel tentang tips bisnis online ini. Semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan. Selamat praktek.

By |2018-12-06T13:57:45+00:00November 26th, 2018|Categories: Belajar SEO|Tags: |
error: Content is protected !!