Tujuan SEO (Search Engine Optimization) Untuk Bisnis

Tujuan SEO Yang Sebenarnya

Banyak orang, khususnya pebisnis di Indonesia, yang masih belum ter – edukasi tentang tujuan SEO yang sebenarnya.

Bagi mereka, jika website bisnisnya sudah menggunakan strategi SEO, secara otomatis akan meningkatkan sales atau penjualan.

Anggapan SEO bisa membantu meningkatkan penjualan tidaklah salah. Namun tetap harus memperhatikan beberapa point penting seperti:

  • Strategi SEO seperti apa yang digunakan
  • Individu atau vendor yang mengerjakan project SEO
  • Tingkat persaingan di industri bisnisnya
  • Kualitas produk dan layanan
  • Kepiawaian customer services dalam memberikan pelayanan

Dari point di atas Anda bisa melihat bahwa SEO itu bagian dari marketing. “SEO tidak bisa berdiri sendiri.” Melainkan ada divisi – divisi penting yang harus mensupportnya.

Di artikel berikut ini, Saya ingin share tentang tujuan menerapkan SEO. Atau sampai sejauh mana peran individu atau vendor yang mengerjakan project SEO pada suatu bisnis.

Tujuan SEO Untuk Website Bisnis

Bagi pebisnis yang sudah ter – edukasi tentang fungsi dan cara kerja SEO, tujuan mereka menerapkan strategi SEO adalah untuk mengoptimalkan kualitas dan kuantitas organic traffic.

Beberapa cara mengetahui apakah organic traffic suatu website berkualitas atau tidak, adalah dengan melihat bounce rate dan average visit duration timenya.

Bounce rate adalah persentase jumlah pengunjung website yang langsung meninggalkan website Anda, setelah mereka membuka 1 halaman.

Contoh:

Dari 100.000 pengunjung website, 50.000 pengunjung hanya membuka 1 halaman dan menekan tombol exit. Sehingga bounce ratenya menjadi 50%. Hasil dari (50.000 / 100.000) x 100%

Semakin kecil bounce rate pada suatu website akan semakin bagus. Karena kemungkinan besar para pengunjung suka dengan konten yang ada di website tersebut.

Sedangkan average visit duration adalah rata – rata pengunjung berada di suatu website.

Semakin tinggi jumlah average visit duration pada suatu website akan semakin bagus. Karena kemungkinan besar pengunjung benar – benar menikmati konten Anda.

Semakin baik performa bounce rate dan average visit duration di website Anda, maka akan semakin berkualitas organic traffic yang Anda dapatkan.

Dan organic traffic yang berkualitas bisa membantu menghasilkan leads (Calon pembeli), sales, hingga meningkatnya brand awareness.

Proses Untuk Mencapai Tujuan SEO

Setelah mengetahui tujuan SEO, Anda juga sebaiknya mengetahui hal – hal apa saja yang harus dilakukan, untuk bisa mempercepat sampai pada tujuan tersebut.

Secara umum ini 3 point penting yang harus diperhatikan, sekaligus merupakan tahap pengerjaan SEO secara umum:

1 – Optimasi Kesehatan Website

Kesehatan website di sini mencakup server, kecepatan loading website, theme dan plugin (Khusus pengguna wordpress), struktur, navigasi, halaman error, hingga ukuran gambar.

Penting untuk diperhatikan bahwa website merupakan pondasi utama dari SEO. Karena website inilah yang nantinya akan di – optimasi dengan SEO.

Jadi pastikan website Anda memiliki skor kesehatan yang baik.

Jika ingin mengetahui skor kesehatan website sekaligus cara mengoptimalkannya, Anda bisa melakukan audit website menggunakan Ahrefs.

2 – Optimasi Content

Setelah website Anda sudah “sehat,” proses berikutnya adalah mempublikasikan dan mempromosikan content di website Anda.

Ketika ingin mempublikasikan content, hal penting yang perlu diingat adalah cara menulis content yang SEO friendly.

Seperti menempatkan kata kunci di judul, URL, meta description, sub judul, gambar (Alt tag), dan bagian body content.

Sedangkan untuk promosi content, pastikan Anda mempromosikan content tersebut ke target market yang tepat. JANGAN melakukan SPAM.

3 – Optimasi Inbound Link

Proses terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah mengupayakan agar content Anda mendapatkan inbound link yang relevan dan berkualitas.

Caranya, Anda harus rutin membuat content yang berkualitas, dan mempromosikannya ke target market yang tepat.

Dari sini ada peluang jika content Anda akan direferensikan (Mendapat inbound link) dari website lain yang satu topik dengan website Anda.

Kesimpulan

Sampai di sini bisa disimpulkan bahwa jika hanya mengandalkan SEO (Marketing) saja, jangkauannya hanya sebatas pada organic traffic.

Adapun untuk leads, sales, hingga brand awareness, bisa dipengaruhi oleh kualitas produk dan kepiawaian customer services dalam memberikan pelayanan.

Namun jika semua divisi di suatu bisnis bisa bersinergi dengan baik, maka jangkauannya akan berkembang menjadi sebagai berikut:

Marketing (Optimasi SEO) – Peningkatan Ranking di Mesin Pencari – Kualitas Dan Kuantitas Organic Traffic – Leads (Plus database) – Sales (Plus database) – Meningkatkan Brand Awareness – Repeat Order – Loyalty

Sekian. Semoga bermanfaat.

Banner Terbaru Kursus SEO di Folder SEO Academy

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top