Jualan Online Di Website Dan Marketplace

Aktivitas jual beli online melalui website dan marketplace di Indonesia semakin mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Hal yang dulunya dianggap tidak biasa ini telah berubah menjadi semacam gaya hidup kekinian yang serba simple dan praktis.

Ketika tulisan ini dibuat, data dari Alexa Top Sites in Indonesia melampirkan bahwa ada 2 situs marketplace lokal yang paling sering dikunjungi di Indonesia.

Tokopedia di urutan ke – 9 dan disusul oleh Bukalapak yang berada satu tingkat di bawahnya.

Dari data ini bisa kita simpulkan bahwa masyarakat Indonesia sudah sangat terbiasa dalam melakukan pembelian secara online di marketplace.

Berbicara tentang marketplace, Anda sebagai pebisnis mungkin sudah tahu kalau semua orang bisa berjualan online di marketplace dengan gratis.

Tidak peduli apakah Anda sudah memiliki usaha offline dan ingin ekspansi ke online, atau baru dalam tahap ingin memulai.

Pertanyaannya: Diantara berjualan online di marketplace dengan di website sendiri, mana yang sebaiknya dipilih?

Well. Saya akan membahasnya di tulisan kali ini.

Plus Minus Berjualan Online Di Website Dan Marketplace

Plus Minus Berjualan Di Website Dan Marketplace

1 – Berjualan Online Di Website Sendiri

Keuntungan

  • Anda memiliki website dengan menggunakan domain sendiri (.com / .net / .id), sehingga lebih kredible dan profesional untuk berjualan online.
  • Anda bisa menentukan aturan dan sistem sendiri sesuai dengan kebutuhan. Tentunya yang menguntungkan bagi penjual dan pembeli.
  • Anda bisa berkompetisi dengan menonjolkan value, tidak harus banting – bantingan harga, sehingga sangat baik untuk jangka panjang.

Tantangan

  • Anda harus mengalokasikan budget khusus untuk pembuatan website profesional. Baik itu website tipe landing page, bisnis, atau toko online (Ecommerce).
  • Anda harus meluangkan waktu untuk mengelola website tersebut. Termasuk menentukan strategi promosi yang tepat. Misalnya SEO, email marketing, atau facebook dan google ads.

2 – Berjualan Online Di Marketplace

Keuntungan

  • Anda bisa langsung berjualan online di marketplace dengan gratis. Caranya dengan membuat akun, melengkapi profil, dan mengupload produk.
  • Anda tidak perlu membuat dan mengelola website. Karena pihak marketplace sudah menyediakan lapak online serba otomatis untuk Anda gunakan.
  • Pihak marketplace sering menyediakan program promo yang bisa dimanfaatkan tanpa harus memotong margin profit produk Anda.

Tantangan

  • Alamat lapak online (Domain) yang Anda gunakan masih menggunakan nama marketplace. Sehingga tidak unik dan sama dengan penjual lain.
  • Anda harus mengikuti semua aturan dan sistem yang dibuat oleh marketplace. Termasuk ketika hal tersebut dirubah suatu waktu.
  • Ada banyak seller yang sudah berjualan online di marketplace. Sehingga terkadang terjadi banting – bantingan harga untuk produk sejenis.

Kesimpulan Berjualan Online Di Website Dan Marketplace

Kesimpulan Berjualan Di Website Dan Marketplace

Dari semua plus minus tentang website dan marketplace di atas, Saya berpendapat bahwa Anda sebaiknya berjualan online dengan menggunakan kedua platform tersebut.

Hanya saja Anda harus tetap memprioritaskan untuk berjualan di website sendiri. Sedangkan marketplace bisa Anda jadikan sebagai toko cabang.