SEO on Page – Hal-hal Yang Sebaiknya Anda Ketahui

SEO On Page

Halo entrepreneur! Kali ini Folder SEO akan sharing tentang SEO on page / on page SEO. Mulai dari definisi, penerapan, dan bagaimana cara kerjanya pada suatu website.

Sebelum melanjutkan membaca artikel ini sampai habis, kami menyarankan Anda untuk fokus sejenak, karena artikel ini lebih ke teknis.

Jadi dibutuhkan konsentrasi tinggi untuk bisa memahaminya.

Siap?

Jika sudah siap, mari kita mulai penjelasannya…

Hampir semua praktisi SEO lokal maupun global sepakat bahwa secara umum, ilmu SEO itu terbagi ke dalam 2 bagian. Yakni on page dan off page SEO.

Khusus untuk off page SEO akan kami bahas pada artikel selanjutnya. Karena fokus kita kali ini hanyalah pembahasan seputar on page SEO.

Definisi dan Pengertian SEO on Page

Jadi apa itu SEO on page / on page SEO?

Simplenya, on page SEO adalah teknik optimasi SEO yang dilakukan di website yang bersangkutan.

Misalnya, jika Anda ingin mengoptimasi salah satu halaman website Folder SEO agar tampil di halaman 1 google, maka Anda harus mengerjakannya langsung di website tersebut.

Hal ini sangat berbeda dengan off page SEO, dimana optimasi yang Anda lakukan adalah di website dan media lainnya, namun tetap ditujukan / diarahkan ke website utama.

Kembali ke on page SEO…

Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan ketika meng-optimasi on page suatu website.

Beberapa diantaranya, Anda harus memperhatikan struktur, kecepatan loading, dan juga responsivitas (Mobile friendly test) website.

Selain itu, Anda juga harus mampu menyajikan / mempublikasikan konten berkualitas di website Anda. Tujuannya agar pengunjung merasa betah dan nyaman ketika berada di website Anda.

Singkatnya, website Anda harus memiliki struktur dan desain yang baik, serta memiliki konten yang berkualitas untuk para pengunjung.

Contoh Penerapan SEO on Page

#1. Kata Kunci

Salah satu contoh penerapan on page SEO adalah menganalisis kata kunci yang ingin Anda optimasi.

Contoh, Anda ingin mengoptimasi kata kunci jasa pembuatan website Jakarta.

Dengan demikian, pastikan kalau kata kunci tersebut  terdapat di title, meta title, meta description, URL, dan body (Termasuk di heading 2 dan heading 3).

Penerapan kata kunci di atas merupakan salah satu contoh penerapan on page SEO.

#2. Domain dan Hosting

Anda harus memilih domain yang benar-benar “Bersih”, karena saat ini ada banyak sekali domain bekas yang dijadikan sebagai ladang spamming oleh pemiliknya.

Jadi amannya, Anda harus memilih nama domain yang sama sekali belum pernah dipakai oleh orang lain. Anda bisa memeriksa riwayat domain tersebut di sini.

Sedangkan untuk hosting, silahkan gunakan hosting yang benar-benar terpercaya, dan jangan tergiur harga murah.

Anda bisa menggunakan hosting domainesia dan masukkan kode FOLDERSEO untuk mendapatkan potongan 20%.

Kedua faktor di atas merupakan penerapan sederhana dari on page SEO.

Dan sebenarnya ada banyak lagi contoh penerapan on page SEO yang bisa Anda lakukan. Misalnya memberikan nama gambar sesuai dengan kata kunci, memperhatikan keyword density, dan lain sebagainya.

N.B: Teknik di atas merupakan cara kami dalam melakukan optimasi. Bisa jadi tidak sama dengan praktis SEO lainnya. Karena setiap praktisi biasanya memiliki cara dan formula yang berbeda-beda.

Kesimpulan

Kalau Anda ingin berhasil dalam mengoptimasi suatu website, Anda harus memperhatikan on page nya terlebih dahulu, sebelum masuk ke bagian off page.

Banyak praktisi dan penyedia jasa seo saat ini sangat memperhatikan faktor on page ketika mengoptimasi suatu website. Baik itu website bisnis maupun toko online.

Alasannya, on page SEO itu ibarat pondasi pada suatu rumah. Sedangkan off page merupakan bangunannya. Bangunan yang kokoh tentunya membutuhkan pondasi yang kokoh juga.

Sekian artikel tentang on page SEO ini. Semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan dan selamat praktek.

By |2018-12-06T13:57:31+00:00November 29th, 2018|Categories: Belajar SEO|Tags: |
error: Content is protected !!